Saturday, June 3, 2017

Desain Elemen dari Blog


Desain Elemen dari Blog - Sebuah blog pada dasarnya adalah jurnal online yang ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik namun juga merupakan situs web yang memerlukan perhatian yang sama terhadap detail yang dibutuhkan situs web lain. Ini juga membutuhkan elemen desain yang sama seperti situs biasa yang tidak juga berfungsi sebagai blog. Blogger memiliki keputusan untuk membuat mengenai elemen desain blog seperti warna dan tata letak, font dan masuknya iklan. Meski banyak program software blog menyediakan berbagai template yang membuat perancangan blog agak sederhana, blog juga bisa sangat disesuaikan oleh blogger yang memiliki beberapa kemampuan pemrograman. Artikel ini akan membahas beberapa pertimbangan desain dasar yang dihadapi blogger.

Warna dan Tata Letak Blog

Warna dan tata letak sebuah blog adalah salah satu pertimbangan desain yang paling jelas yang harus dipertimbangkan blogger saat memulai atau mendesain ulang blog mereka. Blogger dapat menggunakan latar belakang warna yang solid, blok warna yang berbeda di latar belakang atau gambar atau tekstur di latar belakang. Elemen latar belakang ini bisa berupa warna yang bisa dibayangkan. Namun, blogger yang sedang mempertimbangkan warna untuk digunakan di blog mereka harus mempertimbangkan untuk menggunakan warna yang secara estetik menarik bagi sebagian besar pengunjung blog. Hal ini penting karena penggunaan warna norak yang keras di mata bisa mengakibatkan berkurangnya traffic blog.

Tata letak blog juga harus hati-hati diperhatikan oleh blogger. Blog harus diatur dengan cara yang menarik bagi pengunjung blog, sesuai dengan subjek blog dan disajikan secara logis yang mudah diikuti pengunjung. Sekali lagi, ini penting karena kegagalan untuk menggunakan layout yang memenuhi kriteria ini bisa mengakibatkan pengunjung blog memilih untuk tidak mengunjungi blog lagi karena tata letaknya membingungkan atau tidak menarik.

Font yang Digunakan di Blog

Blogger memiliki sejumlah pilihan yang tersedia bagi mereka saat memilih font yang akan digunakan di blog mereka. Pilihan ini termasuk font yang dipilih, ukuran teks dan warna teks. Blogger harus mempertimbangkan memilih font yang sesuai dengan keseluruhan desain tata letak blog dan sesuai dengan pokok bahasan blog namun juga merupakan font yang umum. Hal ini penting karena pengunjung blog mungkin mengalami kesulitan melihat font jika blogger memilih font unik yang tidak biasa. Ukuran teks dan warna teks juga harus dipertimbangkan dengan cermat. Unsur-unsur ini terutama penting untuk keterbacaan. Ukuran teks harus ditetapkan agar anggota audiens target dapat dengan mudah membaca teksnya. Misalnya seorang blogger dengan warga lanjut usia karena khalayak sasaran mungkin memilih untuk menggunakan ukuran teks yang sedikit lebih besar dari biasanya. Warna yang digunakan untuk teks juga harus dipilih untuk meningkatkan keterbacaan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memilih warna yang menarik bagi mata namun juga kontras dengan warna latar belakang.

Pencantuman Iklan di Blog

Blogger juga harus mempertimbangkan masuknya iklan saat mereka merancang blog mereka. Ini termasuk menentukan apakah menyertakan blog atau tidak. Begitu keputusan ini dibuat, blogger yang memilih menyertakan iklan harus mempertimbangkan dengan cermat bagaimana dan di mana mereka ingin menampilkan iklan ini. Iklan dapat ditampilkan di berbagai lokasi di seluruh blog dan bisa didesain untuk diskrit atau jelas tergantung dari preferensi para blogger. Iklan juga bisa bermacam ukuran dan bentuk dan sangat bisa disesuaikan dengan berbagai cara.


EmoticonEmoticon